Senin, 29 Juli 2013

Kamu, pembiasaku minum (dengan tangan kanan).


2009 silam, setahun setelah lulus SMA, saya baru tahu sedikit demi sedikit tentang adab-adab sunnah Rasulullah SAW. Dan saya sadar, betapa pentingnya itu. Walaupun bagi saya sangatlah lambat diusia 19 tahun baru mengetahuinya.
Tapi tak mengapalah, yang penting saya sudah memiliki kemauan. :’)

Salah satu sunnah Rasulullah saw. yang baru saya tahu saat itu adalah “minum menggunakan tangan kanan”.
Dengan dalil seperti ini:
Rasulullah SAW. Bersabda, “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim)

Sesaat saya terhentak ketika mengetahui hadits ini, dan ketika mengetahui bahwa ini adalah sunnah Rasulullah.
Bagaimana tidak, sudah setahun saya menjalankan hal ini. Sejak 2008 saya membiasakannya. Dan yang membiasakan saya melakukan hal ini (minum menggunakan tangan kanan) adalah kamu.
Saat itu adalah masa SMA, berasa bahwa saya ada di masa jahiliyah, yang tak tahu apa-apa tentang agama saya sendiri. Lalu sering bercengkrama denganmu mengenai hal pelajaran. Saya menganggap kamu sama, seperti saya dan teman-teman lainnya yang berstatus jahiliyah. Lalu, dengan entengnya dan tanpa alasan apa-apa, kamu mengajariku untuk membiasakan minum dengan tangan kanan. Kamu selalu menarik lenganku yang tak peduli air tumpah, ketika saya sedang minum dengan tangan kiri. Dan setelah setahun saya membiasakannya, baru saya mengetahui (hadits) inilah alasannya.

Sekarang, 5 tahun berlalu, acap kali saya minum (yang tentunya dengan tangan kanan) tak luput saya selalu mengingat Rasulullah SAW (sebagai sunnahnya), dan mengingat Allah SWT. Lalu, mengingat kamu, sebagai pembiasaku minum dengan tangan kanan sejak 2008. Terimakasih :’)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar